Apa yang Anda ketahui tentang heuristik?

Apa yang Anda ketahui tentang heuristik?


Apa yang Anda ketahui tentang heuristik? - Heuristik adalah salah satu tahapan yang terdapat di dalam metodologi penelitian sejarah. Heuristik dilakukan oleh seorang penulis sejarah maupun sejarawan setelah ia telah menentukan topik penelitian sejarah. Di bawah ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan heuristik.


Apa yang Anda ketahui tentang heuristik?


Jawab


Heuristik berasal dari kata Yunani, heuriskein, artinya menemukan. Heuristik, maksudnya adalah tahap untuk mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber-sumber berbagai data agar dapat mengetahui segala bentuk peristiwa atau kejadian sejarah masa lampau yang relevan dengan topik/judul penelitian.


Untuk melacak sumber tersebut, sejarawan harus dapat mencari di berbagai dokumen baik melalui metode kepustakaan atau arsip nasional. Sejarawan dapat juga mengunjungi situs sejarah atau melakukan wawancara untuk melengkapi data sehingga diperoleh data yang baik dan lengkap, serta dapat menunjang terwujudnya sejarah yang mendekati kebenaran. Masa lampau yang begitu banyak periode dan banyak bagian-bagiannya (seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya) memiliki sumber data yang juga beraneka ragam sehingga perlu adanya klasifikasi data dari banyaknya sumber tersebut.


Dokumen-dokumen yang berhasil dihimpun merupakan data yang sangat berharga Dokumen dapat menjadi dasar untuk menelusuri peristiwa-peristiwa sejarah yang telah terjadi pada masa lampau.