Jelaskan kehidupan masa purba pada masa hidup bercocok tanam

Jelaskan kehidupan masa purba pada masa hidup bercocok tanam


Jelaskan kehidupan masa purba pada masa hidup bercocok tanam - kehidupan masa purba pada masa hidup bercocok tanam dimulai pada masa neolitikum. Pada masa neolitikum ini, kehidupan manusia telah banyak mengalami perubahan terutama di dalam cara memproduksi makanan. Di bawah ini akan di jelaskan kehidupan masa purba pada masa hidup bercocok tanam!


Pada masa bercocok tanam, kebudayaan mereka berkembang pesat, hidup sudah menetap (sedenter) dan sudah menghasilkan makanan (food producing). Peningkatan teknologi ditandai dengan adanya peningkatan alat-alat dari batu kasar menuju batu halus, kemudian menggunakan alat-alat dari logam. 


Alat-alat sebelum dihaluskan, contohnya, kapak perimbas (bagian tajamnya berbentuk cembung), kapak penetak (ketajamannya berbentuk liku-liku), pahat genggam (ketajamannya berbentuk terjal), dan kapak genggam yang bagian tajamnya berbentuk meruncing. Teknologi kemudian meningkat, alatnya sudah dihaluskan seperti kapak persegi dan kapak lonjong. Dengan alat itu, ternyata mereka sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup yang lebih luas dari masa sebelumnya, yaitu bersawah, membuat rumah, bermasyarakat, dan membuat perahu bercadik.