Mengapa heuristik penting dalam penulisan sejarah?

Mengapa heuristik penting dalam penulisan sejarah?


Mengapa heuristik penting dalam penulisan sejarah? - Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan heuristik, perlu juga mengetahui mengapa heuristik itu penting dan mengapa harus dilakukan. Di bawah ini akan dijelaskan mengapa heuristik penting dalam penulisan sejarah.


Mengapa heuristik penting dalam penulisan sejarah?


Jawab: 


Sebagaimana diketahui bahwa heuristik yaitu tahap mencari dan mengumpulkan sumber-sumber yang relevan dengan topik atau judul penelitian.


Jadi, mengapa heuristik penting dalam penulisan sejarah?


Di dalam penelusuran sumber sejarah, seorang penulis sejarah maupun sejarawan dapat menemukan sumber sejarah di lokasi terjadinya suatu peristiwa. Di sini dapat ditemukan sumber-sumber yang berbentuk benda (artefak). Selain itu dapat juga menemukan sumber-sumber berupa tulisan dengan mengunjungi perpustakaan, kantor arsip, kantor-kantor pemerintahan dan tempat-tempat lainnya. Selain berbentuk benda dan tulisan dapat juga ditelusuri sumber sejarah yang didapatkan dari pelaku atau pun saksi sejarah berupa keterangan mereka tentang peristiwa sejarah yang sesuai dengan topik penelitian yang sedang dikerjakan.